Minggu, 09 Mei 2010

ULASAN KARYA ILMIAH BAHASA INDONESIA

Setelah saya membaca karya ilmiah yang berjudul ‘Analisis Perbandingan Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan pada Minimarket Indomart dengan Alfamart di Kompleks Pesona Anggrek Bekasi’, maka saya ingin memberikan beberapa ulasan. Pada dasarnya judul yang diangkat penulis sangatlah menarik, namun karya ilmiah ini masih memiliki beberapa kesalahan penulisan yang dilakukan penulis. Kesalahan yang dilakukan adalah peletakan tanda baca dan penulisan kata pada kalimat.


Salah satu contoh kesalahan peletakan tanda baca adalah penggunaan tanda KUTIP(“) pada kalimat respon pemenuhan dari konsumen. Kalimat tersebut ditulis diawali dengan tanda kutip tetapi tidak diakhiri dengan tanda kutip pula. Seharusnya penulisan kalimat yang diawali tanda kutip harus diakhiri dengan tanda kutip pula.


Berikutnya adalah kesalahan penggunaan kata pada kalimat. Dalam karya ilmiah tersebut ada sebuah kalimat yang ditengah-tengahnya disisipkan kata dalam bahasa Inggris, yaitu “Berdasarkan daiagram kartesius importance performance analysis of service quality dimension dari minimarket Indomaret dan Alfamart”. Karena kita tinggal di Negara Indonesia, seharusnya penulisan menggunakan bahasa asing harus dihindarkan. Jika kenyataannya harus ditulis mak setelah kalimat yang menggunakan bahasa asing tersebut hharus disisipkan arti dari kata bahasa asing tersebut supaya semua pembaca dapat mengerti maksud dari kalimat tersebut karena tidak semua pembaca mengerti bahasa asing.


Demikianlah ulasan yang dapat saya berikan, mudah-mudahan bisa menjadi masukan untuk penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar